Bantenologi Rapat Bikin Program


Pada pertemuan itu pengurus Bantenologi menyusun program kerja serta siapa saya yang bertanggungjawab atas program-program tersebut. Di antara program tersebut adalah pembuatan website Bantenologi, penerbitan tesis rektor IAIN Banten Prof. Dr. Tihami, MA, MM, diskusi, pelatihan menulis bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, serta pembibitan.

Pembuatan website Bantenologi diserahkan kepada Ibnu Adam Aviciena. Penerbitan tesis Prof. Dr. Tihami, MA, MM, diserahkan kepada Ayatullah Humaeni, Ibnu Adam Aviciena, dan Helmi Bahrul Ulum dengan tugas masing-masing mengetik, melayout, dan mengurus ke percetakan. Sementara Ade Fakih bertanggungjawab membuat silabus dan desain diskusi.

Mufti Ali menegaskan bahwa kerja di Bantenologi adalah kerja relawan alias tanpa gajih. “Saya diingatkan oleh teman saya bahwa apabila ini (Bantenologi, red.) ingin maju para pengurusnya harus kerja seperti di LSM: bekerja kapan saja, fleksibel,” katanya. Selain itu dia juga mengatakan bahwa kekosongan program Bantenologi selama ini karena saat itu pengurus Bantenologi harus menunggu dana sebelum menjalankan program. (Ibnuaa)