Keren, nih! Laboratorium Bantenologi Buka Wisata Seba Baduy 2017, Buruan Daftar!

Ritual adat ini merupakan ritual penutup setelah ritual Kawalu dan Ngalaksa. Menurut kalender Baduy, Seba dilaksanakan antara tanggal 1-9 bulan Sapar. Seba melibatkan ribuan orang Baduy, terdiri dari Baduy Dalam dan Baduy Luar. Orang Baduy luar melakukan Seba dengan menggunakan kendaraan, sementara orang Baduy Dalam melakukan Seba dengan berjalan kaki selama berjam-jam dari Kanekes ke Rangkasbitung dan dari Rangkasbitung menuju Kota Serang.

Dalam ritual Seba, orang Baduy menyampaikan beberapa pesan adat sembari menyerahkan laksa dan hasil pertanian kepada pihak pemerintah daerah.

Nah, bagi Sobat Banten yang ingin ikut langsung dalam perhelatan salah satu ritual adat Baduy tersebut. Laboratorium Bantenologi memberikan kesempatan seluas-luasnya dengan cara mengikuti Wisata Seba Baduy 2017 yang akan dilaksanakan pada 27 sampai 29 April 2017 mendatang.

Wisata Seba Baduy 2017 ini dibagi ke dalam dua paket. Pertama, “Seba Baduy Lebak” akan dilaksanakan pada 27-28 April 2017. Peserta yang ikut hanya dikenai biaya Rp445 ribu (min 10 pax). Biaya terebut sudah termasuk transportasi Serang-Ciboleger PP, makan 5 kali, snack, air mineral, parkir, administrasi, homestay, pemandu wisata, pemandu lokal, dan ikat kepala Baduy Luar (romal).

Di paket pertama ini, selama 2 hari 1 malam, Sobat Banten akan diajak mengeksplolarsi jembatan akar, kampung Batara, dan danau dangdang ageung, melihat prosesi persiapan dan keberangkatan Seba, lalu berdiskusi tentang Seba Baduy. Kemudian, di hari kedua, Sobat Banten akan ikut langsung berjalan kaki bersama orang Baduy Dalam (jarak tempuh sekitar 1 km), mengeksplorasi Kota Rangkasbitung (Rumah Multatuli, Vihara, Stasiun Rangkasbitung dan Pendopo Bupati, lalu melihat langsung prosesi Seba.

Kedua, “Seba Baduy Serang” akan dilaksanakan pada 29 April 2017. Peserta hanya dikenai biaya Rp198 ribu. Dengan biaya tersebut, peserta akan mendapatkan transportasi, makan siang 1 kali, makan malam Nasi Sumsum 1 kali, snack, air mineral, parkir, administrasi, dan pemandu wisata.

Selama 1 hari, peserta akan diajak langsung berjalan kaki dengan orang Baduy Dalam sejauh 1 km menuju lokasi Seba, mengunjungi makam Pangeran Astapati (Orang Baduy yang menjadi panglima perang Kesultanan Banten), melihat ritual orang Baduy di Museum Banten Lama, diskusi tentang Seba bersama orang Baduy, dan mengikuti prosesi Seba di eks, Pendopo Gubernur Banten.

Jika Sobat Banten hendak mendaftar atau bertanya seputar Wisata Baduy 2017 silakan kunjungi Fb: Bantenologi, IG: bantenologi, Web. www.bantenologi.org atau menghubungi cp panitia berikut ini: 0823 1092 0442 (Yayu), 0877 7444 1607 (Fika), atau 0881 5619 636 (Romi).

Nah, bagi Sobat Banten yang sudah mendaftar, diharapkan hadir pada Meeting Point di Kampus UIN SMH Banten Jl. Jend. Sudirman No. 30 Kota Serang. Ditunggu, ya, Sobat Banten!