Rangkaian Maulid Akbar 1438 H dan Pengukuhan Sultan Banten Ke-18

Pada tahun 2016 ini, Panitia Hari Besar Islam Kesultanan Banten memperingati kelahiran Nabi SAW dengan tema Maulid Akbar. Acara ini dilaksanakan pada tanggal 11 Desember 2016 atau jatuh pada 11 Robiul Awal 1438 Hijriyah di halaman Mesjid Agung Banten Lama. 

Maulid Akbar dihadiri oleh berbagai kalangan yaitu para tokoh agama, para santri, masyarakat umum, ormas, dan tamu undangan dari berbagai daerah di Provinsi Banten. Maulid kali ini sekaligus pengukuhan Sultan Banten ke-18, yaitu Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja dengan gelar Sultan Syarief Mohammad Ash-Shafiuddin.

Acara ini berlangsung khidmat, diawali dengan istighosah bersama, kemudian dibuka dengan pembacaan ayat suci Alquran oleh KH. Busro Karim dan KH. Baharudin. Selanjutnya, sambutan oleh ketua panitia, perwakilan pemerintah Provinsi Banten, Ketua MUI Kota Serang, dan beberapa tokoh ulama Banten.

Acara berikutnya yaitu pengukuhan Sultan Banten ke-18, diawali dengan pembacaan surat keputusan bersama pengukuhan Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja sebagai Sultan Banten ke-18. Acara dilanjutkan dengan simbolisasi dan penyematan Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja sebagai Sultan Banten ke-18 oleh para ulama se-Banten, pemerintah/umaro, dan tokoh/jawara Banten. Kemudian dilanjutkan dengan acara sekapur sirih oleh Sultan Banten ke-18, foto bersama, dan diakhiri dengan doa dan salat berjamaah di Mesjid Agung Banten Lama.

Setelah salat zuhur berjemaah, kediaman Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja didatangi Abuya Muhtadi. Ia sengaja datang untuk bersilaturahmi dan menyampaikan dukungannya terhadap pengukuhan Sultan Banten ke-18. Abuya Muhtadi dan Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja kemudian menyapa dan foto bersama dengan tamu undangan di halaman Mesjid Agung Banten Lama.

Hadirnya Ratu Bagus Hendra Bambang Wisanggeni Soerjaatmadja sebagai Sultan Banten ke-18 diharapkan bukan hanya mengisi kekosongan kesultanan Banten, tetapi lebih dari itu, membawa Banten ke arah yang lebih baik lagi. (ERNI K)