Dalam Waktu Dekat, Lab. Bantenologi akan Menggelar Workshop Pendampingan dan Pembuatan Laporan PTK

Lab. Bantenologi – Prodi Linguistik Terapan Bahasa Inggris, Unika Atma Jaya Jakarta menjalin kerjasama dengan Laboratorium Bantenologi UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten untuk menggelar acara Workshop Pendampingan PTK dan Pembuatan Laporan PTK.

Acara pelatihan tersebut akan dihelat pada Rabu, 26 Juli 2017 mendatang, mulai pukul 08.00 s/d selesai, bertempat di Aula Lt.3 Gedung Rektorat UIN SMH Banten.

Read more...

Keren, nih! Laboratorium Bantenologi Buka Wisata Seba Baduy 2017, Buruan Daftar!


Lab. Bantenologi
– Sobat Banten, dalam waktu dekat ini, orang Baduy yang merupakan salah satu masyarakat adat Indonesia yang tinggal di Provinsi Banten akan menyelenggarakan salah satu ritual adatnya bernama Seba.

Seba adalah ritual adat yang dilakukan oleh orang Baduy setiap tahun yang berfungsi sebagai penjalin hubungan antara orang Baduy dengan penguasa. Menurut tradisi lisan mereka, Seba telah dilakukan sejak dahulu. Di mana, pada masa Kesultanan Banten, Seba dilakukan ke hadapan Sultan Banten, sedangkan saat ini, Seba dilakukan ke hadapan pemerintah daerah.

Read more...

Seminar Internasional Lab. Bantenologi 'Pesantren, Madrasah and The Future of Islamic Education in Indonesia'

Seminar Internasional 2016

KOTA SERANG, Bantenologi.org -- Laboratorium Bantenologi melakukan terobosan baru dalam penyelenggaraan Seminar Internasional kali ini. Karena tema yang diangkat, berbeda dengan biasanya  yang selalu berkaitan dengan sejarah dan kebudayaan. Kali ini Laboratorium Bantenologi mengangkat tema tentang pendidikan, khususnya pendidikan pesantren dan madrasah di Indonesia beberapa waktu lalu.

Read more...

Rangkaian Maulid Akbar 1438 H dan Pengukuhan Sultan Banten Ke-18

Lab. Bantenologi.org -- Maulid adalah ritual keagamaan yang dilakukan untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Perayaan ini dilakukan sejak awal bulan Robiul Awal dan masyarakat Banten sering menyebutnya dengan acara muludan. 

Read more...

Pengumumam Hasil Lomba Menulis Artikel

Masyarakat Adat di Provinsi Banten Butuh Payung Hukum se-Tingkat Perda

 

SERANG – Di Provinsi Banten terdapat masyarakat adat dan masyarakat kasepuhan yang tersebar di beberapa kecamatan dan desa di Kabupaten Lebak dengan karakteristik dan keunikan historis dan budayanya. Namun, seiring berjalannya waktu, timbul banyak kegelisahan dari berbagai masyarakat adat dan kasepuhan seperti Baduy, kasepuhan Citorek dan Cisungsang atas masalah penebangan liar terhadap hutan adat, kependudukan, dan hak-hak masyarakat adat lainnya yang mengakibatkan kesenjangan sosial dab kerusakan lingkungan.  

Read more...

Perawatan Situs Sejarah di Gunung Santri

Bojonegara (7/ 5/ 2016). Relawan Bantenologi melakukan perawatan situs sejarah dalam kegiatan Pelatihan Penelitian Sejarah Tingkat Menengah (PPSTM) yang dilaksanakan di Gunung Santri yang terletak di Desa Bojonegara, Kecamatan Bojonegara, Kabupaten Serang-Banten.

Read more...

Masyarakat Adat Minta Negara Mengakui Mereka

Lab. Bantenologi.org -- Biro Pemerintahan Sekda Provinsi Banten menyelenggarakan Penyusunan Naskah Akademik Pemerintahan Desa Adat di Hotel Jayakarta Anyer (09-11/05/16).  Acara ini dihadiri oleh beberapa unsur masyarakat, termasuk Kasepuhan Citorek, Cisungsang, dan Ciherang.

lanjut