Untuk Kedua Kalinya Bantenologi Gelar Workshop PTK Bahasa Inggris se-Provinsi Banten dengan UNIKA Atma Jaya Jakarta

Lab. Bantenologi.org- Untuk yang kedua kalinya Bantenologi bekerja sama dengan Pasca Sarjana S2 dan S3 LTBI (Linguistik Terapan Bahasa Inggris) Universitas Khatolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya Jakarta mengadakan workshop PTK (Pendidik dan Tenaga Kependidikan) untuk guru-guru bahasa Inggris se-Banten. 

Read more...

Helmy Faizi Bahrul Ulumi: Tata Kota yang Indah Tanda Seni dan Budayanya Berkembang

KOTA SERANG, Bantenologi.org – Sebagai lembaga yang bertekad untuk fokus dalam bidang sejarah dan budaya, Laboratorium Bantenologi terus berpartisipasi aktif dalam mengembangkan sejarah dan budaya Banten. Seperti yang telah dilakukan oleh Direktur Bantenologi, Helmy Faizi Bahrul Ulumi, di mana dirinya terlibat aktif menjadi bagian dari Bidang Penelitian, Pengembangan, dan Advokasi Dewan Kesenian Banten yang baru-bari ini menghelat Anugerah Seni DKB 2016.

Read more...

Inilah Kisah Sukses Fika Fatma Saumi, Runner-up 2 Duta Kampus IAIN SMH Banten

Lab. Bantenologi.org -- Fika sapaan akrabnya, salah satu relawan Lab. Bantenologi menjadi runner-up 2 Duta Kampus IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. Mahasiswa semester 7 Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam (FEBI) ini mengaku bahwa awalnya dia tidak mengira akan menyandang status baru ini. Perasaanya sangat senang dan shock ketika terpilih, tapi itu merupakan amanah baru dan begitu berat yang akan diembannya, tapi walau demikian tetap merasa bangga atas prestasinya dan berusaha menjadi seseorang yang lebih baik lagi.

Read more...

Gelar Workshop Bahasa Inggris se-Provinsi Banten, Lab. Bantenologi Jalin Kerjasama dengan Atma Jaya Jakarta

Lab. Bantenologi.org -- Program Pasca sarja S2 dan S3 LTBI (Linguistik Terapan Bahasa Inggris) Universitas Khatolik Indonesia (UNIKA) Atma Jaya Jakarta bekerja sama dengan Laboratorium Bantenologi dalam Program Pengabdian Masyarakat (PPM) dengan menghelat acara workshop yang ditunjukan untuk menunjang skill guru Bahasa Inggris dalam hal tulis-menulis beberapa waktu lalu.

Workhop ini diikuti oleh 150 guru SD hingga SMA atau sederajat yang ada se-Provinsi Banten, yaitu Serang, Pandeglang, Cilegon, hingga Lebak. Pendaftaran dibuka pada awal Desember selama 10 hari.

Read more...

Kali ini Giliran Gabriel Facal yang Kunjungi Lab. Bantenologi

 

Dr. Gabriel saat foto bersama pengurus dan relawan Lab. Bantenologi

Lab. Bantenologi.org -- Dr. Gabriel Facal, peneliti Centre de recherches sur l’Asie du Sud-Est (CASE) Perancis mengunjungi Bantenologi pada tanggal 1-3 Desember 2016 untuk mencari referensi tentang ulama dan silat di Banten. Ia mengaku kunjungannya kali ini bukanlah yang pertama kalinya. Ia sudah mengunjungi Bantenologi sejak tahun 2009 dan mengenal beberapa anggota Bantenologi, termasuk Direktur Bantenologi, Dr. Helmy Faizi Bahrul Ulumi. Bantenologi baginya selalu memberikan kesan yang luar biasa sebagai lembaga yang fokus dalam penelitian dan kajian Banten.

Read more...

Mimpi Lahirnya Perda Kebudayaan

Dalam Undang-undang No. 23 tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah Pasal 12 ayat (2) dijelaskan, bahwa kebudayaan adalah salah satu dari delapan belas Urusan Pemerintahan Wajib yang tidak berkaitan dengan Pelayanan Dasar. Kemudian, dalam Pasal 236 ayat (1) dinyatakan bahwa dalam kerangka penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan, maka daerah dapat membentuk Perda. Oleh karena itu, walaupun Undang-undang Kebudayaan belum kunjung terbit, beberapa daerah sudah mengeluarkan Peraturan Daerah (Perda) baik tingkat Provinsi maupun kabupaten atau kota, Peraturan Gubernur, Peraturan Bupati, dan Peraturan Walikota dengan kata kunci kebudayaan, budaya, atau salah satu dari unsur kebudayaan tertentu yang mencerminkan isi dari peraturan tersebut.

Read more...

Hari Bumi dan Kearifan dari Pancer Bhumi

Setiap tanggal 22 April, Hari Bumi Sedunia (Earth Day) diperingati hampir di seluruh dunia. Peringatan ini dicanangkan pertama kali pada tahun 1970 oleh Gaylord Nelson, seorang Senator Amerika Serikat sekaligus pengajar lingkungan hidup. Peringatan ini pada mulanya bertujuan untuk menggugah kesadaran dan penghargaan manusia terhadap bumi sebagai rumah tinggal besarnya. Sejak saat itu, organisasi pemerhati dan pegiat lingkungan banyak bermunculan,tidak saja di Amerika Serikat, tetapi merambah hingga ke seluruh dunia. Pada tahun 1993, dibentuklah Jaringan Hari Bumi (Earth Day Network) untuk mengkoordinir peringatan Hari Bumi di seluruh Dunia.

Read more...

Urgensi Perda Pesantren di Banten

Oleh : Rohman, M.A.*

Pesantren dapat didefinisikan sebagai sebuah lembaga yang menyelenggarakan pendidikan keislaman dan bertujuan untuk menghasilkan santri atau lulusan yang mampu mengamalkan ajaran Islam yang didapat melalui para kyai dan kitab-kitab turost yang diajarkan di lembaga pendidikan itu.

Secara umum, ada beberapa ciri utama sebuah pesantren diantaranya adanya ketokohan kyai yang mendirikan pesantren itu, kajian kitab-kitab kuning yang terkait dengan ilmu Kalam, Tafsir, Syariah, Tasawuf, dan Nahwu Shorof, memiliki jaringan guru-murid atau antar murid melalui ijazah tarekat, serta adanya masjid serta pondok-pondok untuk murid beristirahat dan belajar.

Read more...